nusakini.com--Setiap tanggal 22 Maret, Dunia memperingati Hari Air Sedunia sesuai dengan hasil penetapan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mulai diperingati sejak tahun 1993 lalu. Hal ini dilaksanakan guna mengambil tindakan untuk mengatasi krisis air yang terjadi di Dunia.

Fakta yang didapat oleh PBB sebanyak lebih dari 663 juta orang di Dunia hidup tanpa pasokan air bersih yang terjangkau dari rumahnya serta menghabiskan waktu berjam-jam mengantri untuk mendapat air bersih atau membutuhkan perjalanan yang jauh hanya untuk mendapatkan air bersih. Di tahun 2030 PBB juga memastikan semua orang mendapat akses aman air minum. 

Hal ini senada dengan program rencana jangka panjang menengah nasional (RPJMN) 2015-2019 Pemerintah melelaui Kementrian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikenal dengan 100-0-100, dengan pengertian Target 100% akses air minum, 0% kawasan permukiman kumuh, dan 100% akses sanitasi layak di tahun 2019. 

Sebagai perusahaan pengelolah air, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya, secara berkelanjutan selalu ikut andil untuk mendukung program PBB dalam peringatan Hari Air Sedunia, dimana tahun 2017 ini mengangkat tema : Wastewater atau Air Limbah.

Tema ini diangkat mengingat sebagian besar limbah rumah tangga, industri, atau pertanian dikembalikan ke alam tanpa diproses terlebih dahulu. Padahal air limbah ini bisa dimanfaatkan kembali untuk menyiram tanaman, mencuci kendaraan atau mendaur ulang limbah ini. Karena dengan memanfaatkan sumber daya yang berharga ini, kita akan membuat siklus air bekerja lebih baik untuk segala sesuatu di kehidupan kita.   

Senada dengan tema yang diangkat oleh PBB melalui UN Water, PDAM Surya Sembada mengangkat tema Bijak Mengelola Air untuk peringatan hari air tahun ini. Ari Bimo Sakti, Manajer Sekretariat dan Humas, menjelaskan tema tersebut bertujuan untuk semua elemen masyarakat utamanya masyarakat Kota Surabaya untuk ikut menjaga kelestarian air dengan cara memanfaatkan kembali air limbah yang ada, tidak boros dalam pemakaian air, melaporkan apabila terjadi kebocoran pipa PDAM, Sehingga ketersediaan air untuk masa yang akan mendatang tetao terjaga. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, PDAM Surya Sembada menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan sesuai dengan tema yang diangkat, antara lain: 

I. Kampanye Hemat Air 

Kampanye hemat air ini dilakukan di Rumah Air Surabaya, tepat pada tanggal 22 Maret 2017 hari Rabu. Lokasi kempanye ini cukup strategis karena berada pusat Kota Surabaya, sehingga diharapkan kampanye yang dilakukan sangat efektif.

II. Gebyar Hari Air 

Kegiatan ini juga dilakukan tepat di Hari Air Sedunia, 22 Maret 2017. Dengan mengajak Pelajar mengunjungi Rumah Air untuk mengetahui lebih detail tentang air, pengelolahan serta sejarah penyediaan air di Kota Surabaya. PDAM Surya Sembada juga melakukan talkshow on air di Radio Mercury tentang Kampanye Hemat Air

III. Penanaman Pohon 

Penghijauan merupakan salah satu cara untuk menjaga ketersediaan air di Bumi ini. Sehingga PDAM Surya Sembada mengajak masyarakat berperan dalam pelestarian air dengan melakukan penanaman pohon di sumber-sumber air yang digunakan untuk menyediakan kebutuhan air di Kota Surabaya.

IV. Wisata edukasi 

Mengedukasi generasi muda sejak dini untuk menghemat dan bijak dalam penggunaan air merupakan salah satu tugas yang diemban oleh penyedia layanan air seperti PDAM Surya Sembada. Edukasi yang dilakukan oleh PDAM Surya Sembada berupa wisata dengan mengajak generasi muda melihat langsung proses pengolahan air yang cukup rumit, yang diharapkan mereka sadar untuk bisa bijak menggunakannya.

V. Roadshow Sekolah 

Roadshow sekolah ini merupakan sosialisasi yang dilakukan oleh PDAM Surya Sembada untuk mengajak generasi muda memelihara lingkungan dan memanfaatkan air limbah, demi terjaganya ketersediaan air di masa mendatang

VI. Mural dinding IPAM Ngagel 

Selain sosialisasi secara langsung, bentuk sosialisasi lain yang dilakukan PDAM Surya Sembada adalah dengan visual dengan cara me-Mural dinding Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Ngagel yang lokasinya cukup strategis dan mudah terlihat oleh pengguna jalan. PDAM Surya Sembada bekerjasama dengan Komunitas Mural Surabaya dalam melaksanakan kegiatan ini.

PDAM Surya Sembada akan melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan tersebut pada bulan Maret-April 2017. “Kami harap semua kegiatan berjalan lancar dan tujuan dari peringatan Hari Air Sedunia tercapai,” pungkas Bimo.(p/ab)